Sabtu, 29 Juni 2019

Cara Convert Seluruh Teks Hasil Desain di Adobe Indesign

Mengcovert hasil karya design sangat diperlukan ketika hasil akhir projek kita telah siap dikirim ke percetakan. Hal ini diperlukan untuk mengindari missing font ketika oleh pihak percetakan untuk memproses projek kita ketahap pembuatan film atau plat. Terlebih lagi, pada umumnya mereka menggunakan Corel Draw  dalam  proses tersebut. 

Untuk mengonvert teks ke outlines pada Adobe Indesign secara umum menggunakan cara : Type > Create Outlines.

Tetapi cara tersebut (berdasarkan pengalaman saya) tidak akan menyelesaikan masalah, apalagi bagi Anda yang sedang mendesign atau melayout sebuah buku atau majalah dengan banyak jenis fonts, Apalagi yang memuat tulisan atau huruf  arab. Untuk hasil export pdf mungkin tidak ada masalah, tetapi masalah timbul ketika projek diinpor ke Corel Draw, dijamin semua huruf arab atau font-font yang tidak umum digunakan akan tampil berantakan, berubah jadi simbol beraneka macam.

Lalu bagaimana solusinya?

Cara ini sudah saya gunakan sejak pertama menggunakan Adobe Indesign  pasca meninggalkan Adobe Pagemaker yang merupakan adik kandung Adobe Indesign. Terus terang, dulu, cara ini sangat sulit mencarinya, searching ke google sampai puluhan kali, berhari-hari tidak menemukan. Sehingga waktu itu, seingat saya, untuk mengonvert tulisan arab tidak bisa, satu2nya solusi teks arab dirubah dulu secara manual menjadi format jpg dalam setiap artikel. 

Hingga akhirnya, menemukan panduan singkat dari sebuah laman yang khusus membahas indesign. Dan mungkin saat itu artikelnya agak baru sehingga masih agak sulit muncul dihalaman hasil pencarian google dan mesin pencari lainnya.

Ini dia caranya :

Klik Edit > Transparency Flattener Presets.


Pilih [High Resolution]
lalu, klik tombol NEW

kemudain terbuka jendela seperti ini :


Beri tanda ceklist  pada Convert All Text to Outlines
Klik OK

Langkah berikutnya Anda harus meletakkan sebuah objek transparan, misalnya berupa kotak yang dibuat dengan Photoshop dengan Tint sebesar .1% dan Opacity .01% dan diletakkan dibelakang teks dan usahakan objek tersebut tidak terlihat pada halaman yang akan dikonversi atau apabila halaman akan diconvert objek tersebut dapat diletakkan di halaman master.

Langkah akhir :
Saat Anda mengekport file ke pdf.
Compatibility pilih Acrobat 4
Pada tab Advanced pilih preset yang telah dibuat pada tahap sebelumnya.

perhatikan gambar di bawah ini

































Demikian panduan cara convert teks pada adobe indesign ini, hitung2 sebagai catatan pribadi. Agart tidak lupa dikemudian hari waktu ganti komputer atau install ulang perangkat lunak. ***