Menguasai Online Marketing di Jaman Serba Digital

Penguasaan teknisk pemasaran dunia maya (online marketing) wajib dikuasai pada jaman serba digital seperti saat ini. Kalau dulu, online marketing hanya sebatas menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke halaman website. Seiring berkembangnya teknologi, online marketing tidak hanya berpusat pada website saja, namun juga email marketing dan social media marketing.

Maraknya jual-beli online juga membuat parapebisnis kewalahan untuk belajar dan men-upgrade pengetahuan dirinya. Kursus dan seminar mereka datangi untuk menguasai online marketing. Mengapa? Karena dengan menguasai online marketing, para pebisnis dapat meningkatkan omzet nya secara signifikan. Bagi Anda yang membaca artikel ini, Anda sangat beruntung karena mendapat ilmu gratis.

Berikut beberapa langkah yang perlu dikuasai dalam online marketing untuk meningkatkan omzet bisnis Anda :

Update di social media secara konsisten. 
Rutinlah berbagi foto tentang produk atau jasa Anda, kata-kata motivasi, sedang ada diskon maupun event yang akan Anda laksanakan. Jangan lupa untuk mengunggah foto yang telah di-edit terlebih dahulu agar follower Anda tertarik dan memberikan respon. Anda dapat mengunggah foto minimal dua kali dalam sehari untuk meningkatkan bisnis Anda melalui social media seperti Facebook maupun Instagram.

Update di social  messenger secara konsisten. 
Keberadaan aplikasi pesan seperti Whatsapp membuka peluang bagi anda untuk meningkatkan omset. Rutin dan cerdas melakukan promosi melalui grup-grup komunitas atau pertemanan di WA dengan cara memposting foto atau info2 singkat tentang produk dan jasa berpeluang menarik teman Anda.

Pelajari Email Marketing. 
Gunakan strategi email marketing dan gunakan aplikasi email otomatis. Setiap jenis bisnis memerlukan layanan email otomatis untuk memaksimalkan strategi email marketing nya. Seperti restoran yang selalu mengirimkan email otomatis apabila memiliki menu terbaru, Anda juga harus mulai menyusun rencana seperti itu. Caranya yaitu dengan membangun list/database email yang Anda miliki melalui aplikasi email otomatis dan menyusun konten apa saja yang akan Anda kirimkan. Jangan lupa untuk menyisipkan link yang mengarahkan pembaca email Anda untuk menuju konten website Anda.

Buat website dengan alamat domain pribadi.
Banyak orang yang melakukan pencarian terlebih dahulu melalui internet mengenai barang yang ia butuhkan. Sebagai pebisnis online, pastikan jasa atau produk yang Anda miliki mudah ditemukan oleh calon pelanggan seperti ini. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website ataupun toko online untuk memudahkan orang-orang tersebut menemukan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Mereka bisa melihat testimoni produk dan jasa Anda secara langsung melalui tampilan website Anda.Pastikan bahwa jasa pembuatan website atau toko online yang Anda pilih memiliki fitur Search Engine Optimization yang lengkap dan mudah digunakan.

Gunakan iklan berbayar.Dengan menggunakan iklan berbayar seperti Google Adwords, Facebook Ads atau Instagram Ads, Anda dapat menargetkan kepada siapa produk atau jasa Anda akan diiklankan sehingga tak hanya meningkatkan pemasaran bisnis online Anda, namun juga dapat mempengaruhi penjualan Anda. Dari iklan berbayar, Anda dapat memiliki database untuk target market Anda selanjutnya.

Menerapkan langkah online marketing untuk meningkatkan omzet bisnis di atas adalah salah satu cara untuk tetap bisa mendapat omzet walaupun persaingan jual beli online sangat sengit.
diolah dari pengusahamuslim.com
Lebih baru Lebih lama