Jumat, 18 Januari 2019

#10yearsChallenge aya naon ada apa?

#10yearsChallenge aya naon ada apa?
Awal tahun 2019 ini, jagat medsos diramaikan dengan tagar 10yearschallenge, kurang lebih artinya “Tantangan 10 tahun”, tantangan yang sedang viral ini mengajak pengguna medsos untuk berani mengunggah foto lama (tahun 2009), disandingkan dengan foto saat ini (2019).
Sejak kemunculannya, tantangan ini langsung diikuti oleh warganet di seluruh dunia, tak terkecuali pesohor di tanah air. Mereka mengunggah foto perbandingan 10 tahun itu di berbagai platform, mulai Instagram, Twitter dan Facebook. Walaupun namanya tantangan, jangan berharap akan ada yang memberi imbalan bila kita, saya dan anda  berani mengikuti tantangan ini.
Biar ga sekedar ikut-ikutan, atau “tuturut munding” berpartisipasi meramaikan #10yearschallenge, tanpa tahu menahu hal yang diikuti, maka penulis mencoba cari informasinya. Berikut sediikit info yang dapat dihimpun.
Sebuah media online Rusia memepedia.ru mengklaim bahwa tantangan ini pertama kali dilakukan oleh Damon Lane, kepala ahli meteorologi untuk KOCO News 5 di Oklahoma. Posting itu muncul di halaman facebook-nya pada 11 Januari 2019.
Tantangan ini memang pada dasarnya membandingkan foto-foto pribadi dari para warganet, namun kemudian ada yang menggunakannya untuk tujuan penyadaran lingkungan bahkan politik.
Viranya tantangan 10 tahun ini, bahkan memunculkan berbagai spekulasi bahwa ada motif tersembunyi dibalik meme itu, misalnya sebuah tulisan yang Kate O'Neill yang dimuat di situs WIRED, O’Neill mengajukan kemungkinan bahwa meme yang sedang populer ini adalah cara untuk membantu teknologi pengenalan wajah bekerja lebih baik dalam mengidentifikasi pertambahan usia pada seseorang.
“Perbandingan antara 2009 dan 2019 membantu teknologi tersebut dengan 'memperjelas konteks'. "Dan karena meme ini, kini ada set data yang sangat besar, dan dipilih secara hati-hati oleh orang-orang dari 10 tahun lalu dan sekarang," tulisnya.
Namun tudingan itu langsung dibantah fb, yang menyatakan mereka tidak berperan dalam memulai ataupun mengambil manfaat dari hal tersebut,
"Ini adalah meme yang dibuat pengguna yang menjadi viral sendiri. Facebook tidak memulai tren ini, dan meme menggunakan foto yang sudah ada di Facebook," kata perusahaan itu. "Facebook tidak mendapat keuntungan dari meme ini (selain mengingatkan kita tentang tren mode yang dipertanyakan tahun 2009). Sebagai pengingat, pengguna Facebook dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengenalan wajah kapan saja," demikian ditulis di situs MSN.com. Segitu dulu…… (Amre Sobri)