Cara Print Semua Kolom di Excel dalam 1 halaman

Catatan Excel | Terkadang kita membuat sebuah dokumen atau data yang lebar dengan banyak kolom, dan secara otomatis kalau kita mencetak dokumen tersebut akan terbagi menjadi beberapa halaman.

Agar lebih ringkas, kita dapat mencetak file tersebut hanya dalam satu lembar saja, caranya adalah sebagai berikut :

Setelah mengatur orientasi dan memilih ukuran kertas sebelum mencetak dokumen excel hal yang perlu kita lakukan adalah mengatur ukuran margin terlebih dahulu. Setelah ketiga hal tersebut diatur baru kita biasanya mengatur bagaimana tampilan dokumen saat dicetak. Pengaturan tampilan dokumen excel erat kaitannya dengan pengaturan lebar kolom yang digunakan. Hasil cetak biasanya akan lebih enak dibaca jika semua kolom ditampilkan dengan memanfaatkan secara maksimal lebar kertas tanpa menyisakan satu atau dua kolom berukuran kecil pada halaman berikutnya.

Fasilitas scaling dapat kita gunakan untuk mengatur hasil cetakan excel. Dengan fasilitas tersebut kita bisa memperbesar/memperkecil dokumen pada saat pencetakan. Bila anda pengguna pada office 2007 atau yang lebih baru, anda dapat membuat hasil cetakan agar dapat menampung semua kolom dalam satu lembar kertas dengan menggunakan cara berikut :


  1. Atur margin, orientasi dan ukuran kertas terlebih dahulu
  2. Pilih area yang akan dicetak, bila belum lakukan dengan cara :
  3. Blok seluruh sel atau area yang akan dicetak
  4. Lalu klik ribbon Page layout, klik tombol Print Area kemudian pilih Set Print Area, atau
  5. Tekan tombol ALT+P lalu tekan huruf R, S
  6. Selanjutnya klik tab ribbon Page layout
  7. Pada grup Scale to Fit, ubah isi kotak Width menjadi 1 page
  8. Dokumen siap dicetak dalam satu lembar
Previous Post Next Post