Chief Executive Officer (CEO) Pengertian dan Tugasnya

Chief Executive Officer (CEO) adalah sebuah jabatan eksekutif tertinggi yang bertanggung jawab penuh atas berjalannya perusahaan. Tugasnya meliputi seluruh kegiatan, dari mulai membentuk visi dan misi, menentukan strategi, hingga memanajemen perusahaan secara keseluruhan.

Posisi CEO merupakan salah satu yang menentukan berjalan dengan baik atau tidaknya suatu perusahaan. Dan mereka pun bisa menyebabkan gagal atau suksesnya suatu perusahaan. Oleh sebab itu jabatan tersebut tidak bisa dijalankan dengan main-main, membutuhkan orang yang benar-benar paham dan berpengalaman pada bidang yang dijalankan.

Seorang CEO harus bisa menjadi pemimpin para bawahannya untuk menjalankan tugas masing-masing, sekaligus juga harus mampu membangkitkan semangat agar bisa bekerja lebih baik. Mereka juga harus ahli dalam menentukan posisi jabatan lain yang berpengaruh penting pada perusahaan. Kewenangan merekrut atau mengeluarkan karyawan pun sepenuhnya berada pada kontrol sang CEO, sehingga mereka bisa menciptakan sebuah tim perusahaan yang solid untuk mencapai target yang diharapkan.

Tugas CEO :

  • Merencanakan, mengelola, dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran
  • Merencanakan dan mengelola proses penganggaran, lalu mengamati dan menganalisis apabila ada kejanggalan dalam prakteknya
  • Mengelola perusahaan sesuai dengan tujuan strategis perusahaan dengan keefektivan dan biaya seefisien mungkin
  • Merencanakan dan mengelola kinerja pada sumber daya manusia agar sumber daya manusia yang berkompeten teridentifikasi dan dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan
  • Merencanakan, mengelola, dan mengeksekusi perencanaan strategi bisnis atau korporat baik untuk jangka waktu menengah maupun panjang dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan
  • Mengidentifikasi dan meningkatkan performa operasional perusahaan dengan cara memotivasi berbagai divisi di perusahaan
  • Mengambil berbagai keputusan strategis yang berdampak baik bagi sustainabilitas perusahaan berdasarkan hasil analisis data dan fakta baik yang telah menjadi jejak rekam (record) perusahaan maupun analisis terhadap berbagai faktor lingkungan bisnis
  • Menjaga sustainabilitas keunggulan kompetitif perusahaan dan meningkatkan kompetensi utama perusahaan dan mengimplementasikannya
  • Menganalisis dan mengambil langkah paling prioritas bagi alokasi sumber daya dan penganggaran perusahaan
  • Membuat kebijakan, prosedur, dan standar pada organisasi perusahaan
  • Menganalisis segala masalah dalam perusahaan dan mengkoordinasikan manajemen puncak dalam menyelesaikan masalah tersebut secara efektif dan efisien
  • Membuat keputusan strategis dalam hal integrasi, divestasi, investasi, aliansi, dan joint venture
(Dikutp dari Kumpuran.com & InfoPeluangusaha.org)


Previous Post Next Post