Template Contoh Portofolio Tenaga Pendamping Profesional - Pendamping Desa

Berikut ini link untuk mendownload template portofolio sertifikasi tpp : 

https://bit.ly/3OLm65V   (File .Docx)
https://bit.ly/3cRsrPE (File .doct compress .rar)

Dalam rangka mengembangkan profesi tenaga pendamping profesional pendampingan desa beserta sistem penjaminan kualitas terhadap kinerjanya, maka keberadaan sertifikasi profesi tenaga pendamping profesional mutlak diperlukan. Hal tersebut ditegaskan dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa yang menyatakan bahwa tenaga pendamping profesional harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi.

Metode asesmen yang dapat diterapkan meliputi kombinasi metode tes lisan, tes tertulis, observasi tempat kerja/demonstrasi/simulasi, verifikasi bukti/portofolio dan wawancara serta metode lain yang relevan.


Pengertian Portofolio 

Portofolio terdiri dari dua kata yaitu “port” yang asalnya dari kata report yang artinya laporan dan “folio” yang artinya lengkap atau full. Jika digabungkan, portofolio adalah kumpulan dokumen yang berasal dari pribadi, kelompok, organisasi, lembaga, perusahaan, dan sejenisnya, yang tersusun rapi dari semua pekerjaan yang telah dilakukan. 

Secara umum, pengertian sederhana dari apa itu portofolio adalah kumpulan dokumen dari seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan, dan sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Pengertian ini bisa saja mengalami sedikit perubahan arti antara bidang yang satu dan lainnya. Misalnya, dalam bidang politik, bisa dijelaskan bahwa portofolio adalah sebuah kewajiban dan pilar pemerintahan para menteri kabinet dan para pejabat pimpinan departemen yang ada di dalam institusi pemerintah. 

Berbeda lagi dalam bidang seni, portofolio bisa diartikan sebagai kumpulan hasil karya terbaik dari seorang seniman yang sengaja diadakan untuk keperluan pameran. 

Dalam hal investasi dan saham, portofolio adalah sekumpulan investasi. Sementara dalam hal keuangan,menurut J. Fred Weston, portofolio adalah kombinasi atau gabungan dari berbagai aktiva yaitu investasi surat berharga finansial seperti deposito, properti, real estate, dsb.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), portofolio merupakan tas yang dipakai untuk menyimpan surat-surat. Namun dalam arti luas, portofolio adalah sekumpulan karya, skill, pendidikan, hingga pengalaman kerja seseorang. Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Portofolio Adalah Kumpulan Hasil Karya,


Menurut Clarke University, portofolio adalah kumpulan  materi yang menunjukkan keyakinan, keterampilan, kualifikasi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman seseorang. Dokumen ini akan memberikan wawasan tentang kepribadian dan etos kerja dia saat melamar kerja. Selain penjelasan di atas, ada beberapa definisi lain yang bisa menjabarkan apa itu portofolio. Dilansir dari Forbes, dalam dunia ekonomi tepatnya pada investasi saham, portofolio adalah kumpulan aset saham dan obligasi, real estat atau bahkan cryptocurrency yang dimiliki oleh satu orang atau entitas. Portofolio adalah salah satu konsep paling dasar dalam investasi dan keuangan. Ini adalah istilah yang dapat memiliki berbagai arti, tergantung pada konteksnya. Hal itu pun berlaku pada makna portofolio dalam dunia kerja. Dari semua penjelasan di atas, singkatnya pengertian portofolio adalah sekumpulan hasil pekerjaan yang sudah dibuat seseorang yang tujuannya untuk meningkatkan profesionalitas. Kata portofolio bisa diartikan lain tergantung pada konteksnya. 




1/Post a Comment/Comments

  1. Assalamualaikum Pak Amri Sobri mf jika salah menuliskan nama bapak salam kenal saya Ahwanudin PLD Kecamatan Tering kabupaten Kutai barat Kalimantan timur ,saya sampaikan terima kasih atas video bapak terkait contoh pembuatan portofolio untuk Sertifikasi pendamping,, semoga hasil portofolio yang bapak share ini sudah dapat menjadi portofolio uji kompetensi untuk tenaga pendamping profesional Indonesia,karena dari penjelasan yg saya ikuti lewat YouTube terkait penjelasan dan Syara'apa saja uji kompetensi untuk tenaga pendamping profesional itu SDH terjawab dalam Vidio bapak, semoga ini sudah sempurna dan mohon ijin untuk mendownload file nya pak ,,, salam berdesa,,salam sukses untuk bapak wassalamu'alaikum,dan terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama