Penerapan SDGs Desa 1 dalam RKPDes: Contoh Kegiatan dan Mapping dalam SIskeudes (bagian 1)

SDGs Desa adalah upaya terpadu Pembangunan Desa untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. SDGs Desa merupakan upaya terpadu yang dihadirkan sebagai alternatif aksi percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di tingkat Desa. (Permendes PDTT No.21 Tahun 2020)

Urgensi SDGs Desa bagi Pemerintah Desa dan warga Desa: Sebagai instrument Perencanaan Pembangunan Desa agar tepat sasaran karena didasarkan pada Data dan Kondisi Riil  masyarakat Desa. Umumnya, rencana pembangunan yang tidak didasarkan pada data yang akurat akan menghasilkan pembangunan yang tidak tepat sasaran.

Sebagai sarana untuk membangun kesadaran kritis masyarakat Desa untuk turut serta berpartisipasi dalam setiap tahapan proses perencanaan pembangunan di Desa.

Sebagai salah satu proses demokratisasi di Desa dan proses pembelajaran serta pendewasaan bagi masyarakat Desa melalui kepemilikan dan pemanfaatan Data Desa.

Urgensi SDGs Desa bagi TPP : Sebagai alat utama untuk melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di Desa

Urgensi SDGs Desa bagi Pemerintah Pusat: Sebagai Basis perumusan Kebijakan

***

Contoh Kegiatan yang dilakukan untuk mencapai target indikator dan mapping bidang/sub bidang dan nama kegiatan dalam Siskeudes:

Tujuan SDGs Desa Nomor 1 : Desa Tanpa Kemiskinan

Indikator/Target capaian SDGs Desa : Tingkat Kemiskinan Desa Mencapai 0%

Contoh Kegiatan : Pemberian BLT / BST/BPNT/PKH dll. Mapping dalam Siskeudes pada Bidang 5 : Sub bidang Penanganan Keadaan Mendesak ; kegiatan Pemberian BLT

Contoh kegiatan : Pemberian Akses Modal Pada masyarakat Miskin. Mapping dalam siskeudes pada Bidang 4 : Sub Bidang Dukungan penanaman modal; kegiatan pemberian modal usaha pada masy.miskin

Contoh kegiatan : Pelatihan Keterampilan bagi Masyarakat Miskin 

Mapping Siskeudes pada Bidang 4 : Sub Bidang Dukungan penanaman modal; kegiatan Pembentukan/Fasilitasi/Pelatihan/Pendampingan kelompok usaha ekonomi produktif 

Contoh kegiatan : Penciptaan Lapangan Kerja di Desa 

Mapping dalam Siskeudes pada Bidang 4 : Sub Bidang Dukungan penanaman modal; kegiatan Pembentukan/Fasilitasi/Pelatihan/Pendampingan kelompok usahaekonomi produktif.


Contoh kegiatan : Rehab Rumah Tidak layak Huni bagi masyarakat Miskin 

Mapping dalam Siskeudes pada Bidang 2 : Sub Bidang Kawasan Pemukiman : kegiatan Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN.


Contoh kegiatan : Bantuan Bibit,pakan, alat perikanan dll bagi Masyarakat Miskin. Mapping dalam Siskeudes diinput di Bidang 4 : Sub Bidang Kelautan dan Keluatan : kegiatan Bantuan Perikanan (Bibit/Pakan/dll).


Contoh kegiatan : Pelibatan masyarakat Miskin dalam Padat Karya Tunai Desa ( keg. Infrastruktur atau Pertanian) : MAPPING dalam Siskeudes : Bidang 2 : seluruh Sub bidang yang bersifat pembangunan infrastruktur dengan pola PKTD; contoh : Sub Bidang Pekerjaan Umm dan Penataan Ruang : kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong, selokan dll) 


Contoh kegiatan : Pemetaan dan analisis kemiskinan di wilayah Desa

Mapping dalam Siskeudes : Bidang 1 : Sub Bidang Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan ; kegiatan Pemetaan dan Analisis Kemiskinan Desa secara Partisipatif.


Contoh kegiatan : Pemberian Bantuan BPJS Kesehatan bagi Masyarakat Miskin

Mapping dalam Siskeudes : Bidang 2 : Sub Bidang Kesehatan; kegiatan Perlindungan sosial untuk peningkatan askes ibu hamil dan menyusul serta balita terhadap jaminan kesehatan dan menyusui serta Balita terhadap jaminan kesehatan.


Indikator/Target Capaian:  Tingkat Kemiskinan Ekstrem Desa Mencapai 0%

Contoh kegiatan : Pemberian Beasiswa bagi masyarakat Miskin usia sekolah

Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 2 : sub Bidang Pendidikan; kegiatan Dukungan Pendidikan bagi Siswa Miskin/Berprestasi

Contoh kegiatan : Pemberian Akses Modal Pada masyarakat Miskin

Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 2 : Sub Bidang Kesehatan; kegiatan Perlindungan sosial untuk peningkatan askes ibu hamil dan menyusul serta balita terhadap jaminan kesehatan dan menyusui serta Balita terhadap jaminan kesehatan


Contoh kegiatan : Pelatihan Keterampilan bagi Masyarakat Miskin Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 4 : Sub Bidang Dukungan penanaman modal; kegiatan Pembentukan/Fasilitasi/Pelatihan/Pendampingan kelompok usaha ekonomi produktif 


Contoh kegiatan : Rehab Rumah Tidak layak Huni  bagi masyarakat Miskin. Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 2 : Sub Bidang Kawasan Pemukiman : kegiatan Dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN 

Contoh kegiatan : Fasilitasi Subsidi Saprodi bagi masyarakat Miskin. Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 4 : Sub Bidang Pertanian dan Peternakan; kegiatan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan (alat produksi/pengelolaan/penggilingan) 


Contoh kegiatan : Pemberian Bantuan BPJS Kesehatan bagi Masyarakat Miskin Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 2 : Sub Bidang Kesehatan; kegiatan Perlindungan sosial untuk peningkatan askes ibu hamil dan menyusul serta balita terhadap jaminan kesehatan dan menyusui serta Balita terhadap jaminan kesehatan


Indikator / Target capaian SDGs Desa :  Persentase warga desa peserta SJSN Bidang Kesehatan mencapai 100%

Contoh kegiatan : Pemberian Bantuan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja yang bersatus Miskin

Mapping dalam Siskeudes pada Bidang 2 : Sub Bidang Kesehatan; kegiatan Perlindungan sosial untuk peningkatan askes ibu hamil dan menyusul serta balita terhadap jaminan kesehatan dan menyusui serta Balita terhadap jaminan kesehatan.


Contoh kegiatan : Sosialisasi tentang Pentingnya SJSN dimiliki Masyarakat

Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 2 : Sub Bidang Kesehatan; kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan (Untuk Masy, Tenaga dan Kader Kesehatan dll) 


Contoh kegiatan : Pemberian Bantuan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja yang bersatus Miskin

Mapping dalam Siskeudes pada  Bidang 2 : Sub Bidang Kesehatan; kegiatan Perlindungan sosial untuk peningkatan askes ibu hamil dan menyusul serta balita terhadap jaminan kesehatan dan menyusui serta Balita terhadap jaminan kesehatan


BERSAMBUNG.....

------

Tulisan ini berdasarkan materi paparan Webinar Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendesa PDTT tanggal 15 Agustus 2022 yang disampaikan oleh Novita Riani, S.Pi.,M.Si. (Analisis Kebijakan Ahli Muda Pusdatin BPI)



0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama